Alasan Harus Puasa Sebelum Medical Check Up Р menjaga kesehatan merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Kesehatan harus dijaga oleh semua orang, tanpa memandang usia. Baik tua maupun muda harus menghindari segala penyakit yang dapat mengganggu. Menjaga pola makan dengan menjalani pola hidup sehat merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Tidak hanya itu, Anda juga harus melakukan medical check up. Pemeriksaan menyeluruh ini wajib dilakukan bagi Anda yang sudah memasuki usia 40 tahun.

Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit yang dapat mengganggu kesehatan. Dengan melakukan medical check up, segala penyakit dan gangguan pada kesehatan dapat lebih terdeteksi secara dini.

Meski tidak wajib, medical check up telah menjadi kebiasaan baru yang memiliki banyak implikasi kesehatan yang positif. Melakukan pemeriksaan menyeluruh secara rutin dapat menjaga kondisi tubuh yang sehat seiring bertambahnya usia.

Alasan Harus Puasa Sebelum Medical Check Up

Sebelum melakukan pemeriksaan medis, Anda harus melakukan banyak persiapan. Selain memberikan informasi tentang kesehatan, gaya hidup, dan obat-obatan yang digunakan, pada umumnya sebelum pemeriksaan medis, Anda harus sadar.

Jika Anda diminta berpuasa sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, artinya Anda tidak boleh makan, minum, atau merokok. Puasa diperlukan agar hasil pemeriksaan yang Anda jalani lebih akurat.

Jika Anda makan dan minum sesuatu saat pemeriksaan kesehatan, dikhawatirkan makanan atau minuman yang dikonsumsi akan mempengaruhi hasil pemeriksaan.

Durasi puasa juga tergantung pada jenis penelitian yang dilakukan. Secara umum, Anda harus berpuasa selama 10-12 jam sebelum tes. Jika Anda hanya ingin memeriksa kadar glukosa darah, dokter menganjurkan puasa selama 8 jam.

Penelitian yang membutuhkan puasa

Bukan hanya pemeriksaan medis yang mengharuskan Anda berpuasa. Ketahui beberapa tes lain yang juga mengharuskan Anda berpuasa, yaitu:

  1. Gastroskopi

Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kondisi lambung. Biasanya Anda tidak diperbolehkan makan apapun 6-8 jam sebelum ujian. Hal ini dilakukan agar dokter lebih mudah melihat kondisi isi lambung dan mendeteksi gangguan lambung.

  1. Kolonoskopi

Pemeriksaan usus mengharuskan Anda hanya makan makanan yang mengandung serat dan air selama 2-3 hari sebelum pemeriksaan. Anda harus berpuasa beberapa jam sebelum pemeriksaan dan menggunakan obat pencahar.

  1. Anestesi

Jika Anda menjalani pemeriksaan dengan anestesi umum atau umum, Anda harus berpuasa selama beberapa jam sebelum pemeriksaan.

  1. Tes darah

Anda biasanya akan diminta berpuasa selama 8-16 jam untuk pemeriksaan darah. Kemudian tes darah baru bisa dilakukan.

Usai pemeriksaan, jangan lupa untuk segera mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat agar energi bisa cepat kembali. Anda bisa makan pisang dan juga ubi jalar. Kandungan karbohidrat kompleks pada kedua makanan ini dengan cepat mengembalikan energi dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Itulah prosedur yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan medical check up.  Jika kamu ingin melakukan cek kesehatan dengan harga medical check up yang murah bisa langsung cek website resmi plazamedis.