Apakah penting Kemasan untuk Makanan – Mungkin masih ada sebagian dari kalian bertanaya – tanya mengenai, seberapa pentingkah kemasan bagi makanan? Sesungguhnya jawabannya itu ada pada diri kalian sendiri. Jika kalian memang sangat membutuhkan kemasan sebagai media penyimpanan makanan maka guanakanlah kemasan yang memiliki kualitas terbaik, begitu pula sebaliknya.

Apakah penting Kemasan untuk Makanan

Branding merupakan cara untuk mengenalkan kepada seseorang mengenai identitas terhadap sebuah objek tertentu. Jika saat ini kita berbicara tentang produk, maka branding adalah salah satu cara untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Kemasan atau packaging sangatlah berkaitan erat dengan branding itu sendiri. Jika saat ini Anda telah memiliki produk namun belum memiliki desain untuk kemasan produk Anda, sekarang saat yang tepat untuk mulai membuat desain kemasan untuk produk Anda.

Packaging kemasan makanan merupakan salah satu unsur yang dapat mempengaruhi banyaknya penjualan atau minatnya konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Jika hal ini benar, sudahkah Anda sekarang membuat kemasan untuk produk Anda? Bagi yang sudah, mungkin beberapa masih banyak yang belum yakin dan bertanya-tanya apakah desain kemasan produk mereka sudah menarik?

Kebanyakan beberapa pengusaha diluar sana berfikir bahwa kualitas sebuah produk dan cara pemasaran jauh lebih diutamakan untuk meningkatkan penjualan, dibandingkan fokus pada kemasan produk. Padahal beberapa unsur yang mempengaruhi penjualan produk seperti kualitas produk, pelayanan, pemasaran, packaging kemasan makanan juga saling mendukung satu sama lain. Jadi, belum tentu juga jika produk dengan kualitas yang bagus maka akan banyak peminatnya, kecuali bila konsumen tersebut benar-benar membutuhkannya. Kemasan suatu produk inilah yang mungkin perlu Anda pikirkan sebagai bagian dari strategi pemasaran yang tepat.

Dibawah ini terdapat beberapa hal yang berkaitan dengan sebuah paper lunch box, seperti fungsi, manfaat, serta strategi marketing. Untuk kalian yang belum memahami mengenai peran penting kemasan untuk produk, bacalah artikel kami yang satu ini sampai akhir.

  1. Fungsi

Tujuan atau fungsi utama dari hadirnya paper lunch box produk adalah, untuk melindungi produk dari goresan atau cacat produk yang membuat produk menjadi rusak. Selain itu juga kemasan produk tidak hanya difungsikan pada saat proses pendistribusian barang dari pabrik ke beberapa distributor, tapi kemasan produk juga bisa melindungi produk ketika berada dipasaran.

  1. Daya Tarik

Umumnya banyak perusahaan melakukan sebuah riset terlebih dahulu mengenai skema warna, desain, maupun jenis pada sebuah packaging food grade yang akan dipasarkannya. Hal ini bertujuan agar tingkat pemasaran produknya jauh lebih luas lagi. Jika Anda ingin produk yang Anda jual banyak peminatnya, maka Anda bisa menyiapkan desain packaging yang tepat untuk produk Anda. Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu yang membuat produk tersebut bisa laku adalah kemasan produk yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

  1. Promosi

Sebuah kemasan food grade paper lunch box juga berperan penting dalam memberikan informasi produk seperti, manfaat, kegunaan, tagline, maupun cara pembuatan. Semuanya bisa dicantumkan pada desain kemasan agar konsumen tahu tentang manfaat dari produk yang Anda jual, yang terpenting janganlah menyampaikan semuanya hingga desain menjadi penuh dan malah membuat konsumen menjadi jenuh melihanya.

  1. Mendukung keputusan Berbelanja

Anda sebagai pemilik produk bebas mencantumkan informasi apapun yang nantinya dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan membeli produk Anda. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan seluruh informasi yang Anda miliki, karena segala sesuatau yang dibuat secara berlebihan akan tidak baik bukan.

  1. Diferensiasi

Packaging kemasan makanan juga bisa dijadikan sebagai identitas bagi sebuah produk, misalnya ada beberapa produk A dan B yang ditata rapi pada sebuah toko, produk tersebut secara fungsi sama, rasa bisa dikatakan hampir sama, namun karena kemasannya berbeda bisa jadi konsumen akan lebih cenderung memilih produk yang memiliki kemasan yang menarik menurutnya.

Sumber : https://www.tab-packaging.co.id/