Cara Budidaya Ikan NilaPeluang budidaya ikan nila amat bagus ke depannya. Bila kalian terpikat buat mencoba, ketahui dahulu tahap dasarnya berikut. Gampang kok buat diikuti!

Ikan nila ialah jenis ikan yang banyak disantap oleh warga Indonesia. Coba saja amati, bagus itu di warung kaki 5 sampai restoran sekalipun, nyaris semua sediakan menu ikan nila. Sebab perihal inilah, peluang bidang usaha budidaya ikan nila amat bagus ke depannya.

Nah buat kalian yang ingin mendulang profit dari bisnis itu, sebaiknya ketahui dahulu langkah paling dasar buat mengawali bidang usaha budidaya ikan nila. Bila kalian mengikuti cara berikut, maka kemungkinan buat jadi jutawan pun semakin terbuka lebar. Hingga dari itu, simak sampai habis ya artikel ini!

Cara budidaya ikan nila yang gampang diikuti oleh pemula

  1. Pemilihan lokasi kolam ikan nila

Langkah paling pertama yang wajib dicoba merupakan memilah lokasi kolam yang sesuai buat tumbuh kembang ikan nila. Langkah ini jadi langkah yang esensial, sebab ikan nila tidak dapat tumbuh dengan bagus bila lokasi kolam tidak bagus. Selanjutnya persyaratan kolam ikan nila yang sebaiknya kalian simak:

  • Dasar serta dinding kolam dibuat dari jenis tanah liat sebab mempunyai sifat yang tahan air
  • Kemiringan tanah kurang lebih 3- 5%, supaya cara pengairan lebih gampang dilakukan
  • Air tidak keruh serta tidak terkontaminasi bahan kimia. Lebih bagus lagi bila pH air netral antara 6, 5 sampai 8, 6, dengan temperatur 25- 30 derajat
  • Tingkat kecerahan kolam 20- 30 centimeter( diukur dengan secchi disc)
  • Debit air kolam tenang, kurang lebih 8- 15 liter atau detik
  1. Lakukan pengerjaan kolam buat ternak ikan nila

Saat sebelum dipakai, kolam wajib diolah terlebih dulu 2 minggu sebelumnya. Jalani dengan tahapan- tahapan selanjutnya:

  • Keringkan dasar kolam dengan menjemurnya sepanjang beberapa hari
  • Bersihkan dasar kolam dari sisa rerumputan, kemudian pacul serta ratakan
  • Pasang saringan pada pintu masuk serta keluarnya air
  • Taburkan kapur tohor ataupun kapur pertanian buat membasmi hama serta memperbaiki pH tanah
  • Taburkan pupuk kandang sebanyak 10 m2 serta pacul bersama tanah dasar kolam.
  • Sebarkan pula di depan pintu masuk air buat mendorong perkembangan fitoplankton yang jadi pakan alami ikan nila.
  1. Pengairan kolam budidaya ikan nila

Aliri kolam dengan air sedalam 5- 10 centimeter, serta biarkan sepanjang 2 sampai 3 hari. Sehabis didiamkan, jalani pengairan lagi sampai mencapai 100 centimeter dari dasar kolam.

  1. Penentuan serta penebaran bibit ikan nila

Sehabis kolam siap untuk diisi, waktunya memilih serta menaburkan bibit ikan nila. Buat memperoleh bibit ikan nila, terdapat 2 cara yang dapat kalian tempuh.

  • Yang pertama, dapatkan langsung dari indukan ikan nila.
  • Yang kedua, beli langsung bibit ikan nila di pasar.

Mengenang cara yang kedua hendak lebih gampang, hingga kalian dianjurkan buat memilih cara kedua. Yakinkan buat memilah bibit ikan nila yang bermutu. Hendaknya janganlah keberatan bila harga bibit ikan nila yang akan dipilih lebih mahal, asal kualitasnya baik. Salah satu triknya merupakan dengan memilah bibit yang mempunyai warna yang serupa, serta tiap bibit mempunyai berat kurang lebih 30 gram.

  1. Pemeliharaan, pemberian pakan ikan nila, serta panen

Terakhir, kala kolam telah diisi ikan nila, kalian masuk ke dalam langkah pemeliharaan. Dalam langkah ini, kalian wajib memerhatikan pemberian pakan ikan, memantau situasi kolam, serta mengganti air kolam secara teratur. Kasih pakan ikan nila 2 sampai 3 kali sehari dengan pelet berkualitas tinggi. Jaga ketinggian kolam pada kedalaman 75- 100 centimeter. Bila air sudah keruh, kalian wajib segera mengganti air itu. Biasanya sehabis 3- 6 bulan, ikan nila bakal menggapai berat idealnya, ialah dekat 500 gram. Bila telah melampaui waktu itu, maksudnya ikan telah siap dipanen. Pemanenan dapat dilakukan memakai jaring.

Khasiat ikan nila buat kesehatan tubuh

  1. Sesuai buat kalian yang lagi diet

Ikan nila tinggi akan kandungan protein, tetapi rendah lemak serta kalori. Inilah yang mengakibatkan ikan nila bisa menolong kalian yang tengah dalam program penurunan berat badan.

  1. Menghindari penuaan dini

Ada isi selenium di dalam ikan nila. Selenium ialah antioksidan yang bisa menstimulasi vitamin E serta C, yang bagus buat elastisitas kulit. Sering- sering makan ikan nila jika kalian ingin senantiasa nampak belia!

  1. Bagus buat perkembangan tubuh anak

Protein hewani sangat bagus buat perkembangan organ, membran, sel, serta otot. Karena tinggi akan kandungan protein hewani, ikan nila amatlah sesuai untuk perkembangan tubuh anak.

Itu ia 5 tahap dasar mengawali bidang usaha budidaya ikan nila dan khasiat yang dapat diperoleh.