Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat – Sariawan bisa terjadi pada siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin atau usianya. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari infeksi, kekurangan vitamin atau mineral, tidak sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi, stres, perubahan hormonal hingga alergi. Mari simak penjelasannya pada artikel berikut untuk menutupinya.

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat

Sariawan ringan umumnya tidak memerlukan perawatan khusus karena dapat sembuh dengan sendirinya dalam 1-2 minggu. Bahkan jika Anda sedang dalam pengobatan, itu dimaksudkan untuk mengurangi gejala atau nyeri sariawan. Jika sariawan tidak dapat ditolerir dalam waktu yang lama, ada cara  menyembuhkan sariawan dengan cepat. Untuk meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan sariawan, ada beberapa ramuan atau obat alami yang bisa digunakan, yaitu:

  1. Daun saga dan akar licorice

Daun saga dan akar licorice telah lama dipercaya efektif untuk mengobati sariawan. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat herbal karena memiliki efek antibakteri, anti inflamasi dan antioksidan. Karena efek lain ini, daun saga dapat mempercepat penyembuhan luka akibat sariawan.

  1. Daun sirih

Daun sirih sering dimakan dengan cara dikunyah. Tanaman yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional memiliki beragam khasiat, antara lain sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Itulah mengapa daun sirih dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  1. Madu

Madu efektif dalam mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka, termasuk luka yang disebabkan sariawan, menurut sebuah penelitian. Untuk menyembuhkan sariawan, Anda bisa mengoleskan madu 4 kali sehari. Dianjurkan untuk memilih madu yang tidak dipanaskan dengan suhu tinggi (pasteurisasi).

  1. Minyak kelapa

Selain madu, Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa pada sariawan. Minyak ini dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah penyebaran sariawan akibat infeksi bakteri serta membantu mengurangi kemerahan dan nyeri sariawan.

  1. Es batu

Nyeri akibat sariawan seringkali membuat Anda sulit makan dan minum. Untuk mengunyah makanan atau air dengan lebih nyaman, makan es batu di area sekitar sariawan untuk meredakan nyeri sementara.

  1. Obat kumur dengan klorheksidin

Klorheksidin dapat membunuh bakteri patogen di dalam mulut. Obat ini juga bisa mengobati perdarahan, bengkak, dan radang pada gusi. Obat ini juga sering digunakan untuk mengobati sariawan. Efek samping klorheksidin dapat menyebabkan gigi dan lidah menjadi coklat. Obat kumur ini bisa anda beli di toko obat atau apotik.

  1. Obat topikal

Obat topikal yang mengandung bahan aktif, seperti kortikosteroid, benzocaine, atau fluocinonide, dapat mengurangi nyeri sariawan dan mempercepat penyembuhan.

Namun perlu diingat bahwa meski ramuan alami di atas telah lama digunakan sebagai obat sariawan, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan dan keamanan masing-masing ramuan tersebut.

Mintalah nasihat dokter atau dokter gigi Anda sebelum minum obat apa pun untuk mengobati sariawan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang minum obat dari dokter Anda.

Segera temui dokter gigi jika sariawan Anda tidak sembuh dalam waktu tiga minggu, berukuran besar, atau terasa sangat nyeri, bahkan setelah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Begitu juga bila sariawan yang disertai demam dan kesulitan makan dan minum.

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan memberikan perawatan yang tepat untuk mengobati sariawan, atau merujuk Anda ke dokter spesialis jika Anda menemukan penyakit lain yang mendasari sariawan. sebelum itu tanyakan juga harga medical check up saat pergi ke dokter spesialis.