Ide Mengembangkan Bisnis Kuliner – Tidak hanya berbicara tentang perang rasa dan harga, saat ini perusahaan makanan dan minuman Indonesia berlomba-lomba menciptakan desain kemasan produk yang anti mainstream atau bisa kita sebut dengan kemasan yang mereka buat berbeda dari yang lain.

Mereka membuat kemasan makanan yang unik agar produk yang mereka jual bisa terlihat begitu menarik bagi konsumen. Ada banyak jalur alternatif yang bisa dilalui. Anda dapat membuat desain sendiri berdasarkan tutorial YouTube, atau Anda dapat menggunakan layanan pencetakan makanan.

Ide Mengembangkan Bisnis Kuliner

Konon saat ini ada tren kemasan makanan dan minuman yang berbeda, hal ini pula yang membuat para pelaku usaha di tanah air berani tampil beda agar produk yang mereka jual tidak kalah bersaing dengan kompetitor lainnya.

Hasil penelitian tim kami menunjukkan bahwa salah satu jenis kemasan makanan yang banyak diminati oleh perusahaan makanan dan minuman akhir-akhir ini adalah kemasan fleksibel.

Apa itu kemasan fleksibel?

Mungkin sebagian dari anda belum familiar dengan istilah tersebut, yang dimaksud dengan flexible packaging adalah sejenis kemasan makanan yang terdiri dari 2 lapis atau lebih dan digunakan untuk mengemas makanan dengan cara yang praktis. Umumnya kemasan fleksibel jenis ini menggunakan aluminium foil, PE, PET dan sebagainya.

Tren penggunaan kemasan fleksibel ini banyak digunakan oleh para pengusaha di industri makanan dan minuman. Selain bentuknya yang unik dan imut, kemasan ini juga memiliki tampilan yang kekinian sehingga memudahkan para pengusaha untuk memasarkan produknya ke ranah publik. Bahkan tak sedikit dari mereka yang membuat kemasan makanan seperti ini dengan desain warna dan gambar yang instagramable sehingga produk terlihat menarik saat difoto.

Untuk memastikan produk yang Anda jual tidak kalah bersaing, mari kita lihat dulu 3 jenis kemasan fleksibel terpopuler dan paling umum digunakan untuk kemasan makanan dan minuman:

Standing Pouch

Jenis pouch stand-up fleksibel ini banyak disukai oleh para pebisnis karena kemasan ini memiliki tampilan desain yang sangat bagus. Konon kemasan makanan model ini bisa ditambah dengan resleting untuk menutup kemasan agar kemasan bisa berdiri tegak.

Side gusset pouch

Kantong buhul samping memiliki bentuk yang lucu, dapat berdiri tegak seperti kantong kemasan makanan berdiri. Tapi untuk kemasan jenis ini lebih mirip bantal. Sebagian besar pengguna tas buhul samping adalah perusahaan kopi, teh, sereal, dan makanan hewan peliharaan.

Flat bottom pouch

Jenis kemasan makanan ini merupakan kombinasi dari stand-up pouch dan side gusset pouch. Hampir mirip dengan side gusset pouch, perbedaan dari jenis flat bottom pouch ini adalah memiliki resleting di bagian atasnya. Jenis kemasan ini dapat dianggap sebagai model terbaru dalam industri kemasan dan memiliki standar kemasan makanan food grade.

Berikut beberapa kemasan yang paling diincar beberapa tahun terakhir oleh para pelaku bisnis kuliner. Saat ini bisa dikatakan konsumen lebih suka membeli produk kemasan dalam bentuk sachet. Selain itu, kehadiran teknologi mesin dalam pengemasan juga membantu para pemain di industri makanan dan minuman.