Kenali Kemasan yang memiliki Strerilisasi tinggi – Mempertimbangkan makanan yang baik serta sehat itu penting, namun memilih serta memperhatikan kemasan makanan juga tak kalah pentingnya. Akan sangat disayangkan apabila semua kebutuhan makanan anda sudah memenuhi 4 sehat 5 sempurna, namun tidak dibungkus dengan baik, bahkan dibuat dari bahan yang juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu mulai dari sekarang, pilihlah kemasan makanan yang aman, dan bisa anda lihat dari kelima ciri-ciri yang kami informasikan dalam artikel kali ini.

Kenali Kemasan yang memiliki Strerilisasi tinggi

Pemilihan packaging kemasan makanan yang steril ternyata sangat penting, Mengapa ? Di zaman yang sudah serba cepat seperti sekarang, pastinya membungkus makanan adalah pilihan paling efektif yang harus anda lakukan. Apalagi banyaknya kegiatan serta waktu yang terbatas membuat anda harus pintar dalam memanagemen waktu. Pastinya anda tidak menginginkan waktu terbuang habis hanya karena makan-makanan diluar yang pasti antrinya sangat banyak. Itulah kenapa banyak yang memilih untuk “takeaway” saja atau membungkusnya.

Pasti banyak dari anda yang hanya memikirkan kesehatan atau kandungan dari makanan yang anda makan, tanpa peduli dengan makanan anda yang dibungkus, Apakah sehat atau tidak ? Bagaimana jika makanan anda sudah sehat, tetapi pembungkusnya banyak membawa bakteri ? Maka dari itu, mulai sekarang anda juga harus jeli terhadap pembungkus makanannya. Lalu seperti apa kemasan makanan yang memiliki sterilisasi tinggi?

  1. Kemasan Makanan Harus Kedap Udara

Pastikan packaging kemasan makanan yang anda terima, adalah kemasan yang kedap udara. Mengapa demikian ? Karena kita tidak tau, berapa banyak bakteri yang tersebar melalui udara. Belum lagi jika anda membeli makanannya yang dekat dengan jalanan. Pastinya polusi udara sekitar sangat kental, dan hal tersebut bisa mencemari makanan anda menjadi tidak sehat. Jika anda sudah memastikan bahwa kemasan makanan tersebut sudah kedap udara, maka bisa dipastikan itu adalah kemasan makanan yang aman.

Kemudian anda juga akan menemukan keuntungan jika paper lunch box yang aman tersebut sudah kedap udara, yakni makanan anda bisa awet dan tahan setidaknya selama beberapa hari kedepan (tergantung jenis makanannya). Karena udara yang masuk dari luar bisa membuat makanan didalamnya cepat basi karena terkontaminasi dengan udara yang ada diluar. Atau jika memang kemasan tersebut sudah kedap udara, pastikan bahwa kemasan tersebut tidak terjadi kebocoran.

  1. Kemasan Bukan Styrofoam

Pastinya anda sudah pernah mendengar bahwasannya packaging food grade styrofoam adalah jenis kemasan yang berbahaya. Dan itu merupakan fakta yang benar. Kandungan dari bahan Styrofoam itu sendiri apabila digunakan dalam jangka waktu yang panjang, bisa mengancam kesehatan dari beberapa organ ditubuh. Maka dari itu, kemasan makanan yang aman yaitu bukan merupakan dari jenis atau golongan bahan Styrofoam.

  1. Kemasan Makanan Tidak Mengandung Logam

Sebaiknya jangan menerima paper lunch box yang mengandung bahan logam. Contoh yaitu kemasan makanan kaleng. Walaupun kemasan tersebut memang kedap udara serta air, dan semua makanan yang disimpan disitu akan lebih awet dan tahan lama, namun seiring berjalannya waktu pastinya ada zat logam yang menempel pada makanan. Kemasan makanan tersebut bukan merupakan kemasan makanan yang aman. Sebaiknya lebih dihindari.

Selain tidak aman untuk kesehatan, kemasan makanan logam sangat tidak baik untuk lingkungan. Kemasan makanan tersebut tidak bisa dengan mudah dilenyapkan, sekalipun dibuka tetap meninggalkan sisa. Dan kemasan tersebut juga sepertinya cukup susah untuk didaur ulang. Maka dari itu memilih packaging kemasan makanan yang aman sangatlah penting. Tidak hanya untuk tubuh, tetapi juga untuk lingkungan sekitar.

  1. Kemasan Tidak Penyok Atau Rusak

Poin ini sangat penting untuk menentukan kemasan food grade paper lunch box yang aman. Karena jika anda tidak jeli dan teliti, kemudian mau menerima kemasan makanan yang ternyata sudah penyok atau rusak, itu sama saja anda menerima bahaya atau bakteri dan mengizinkannya masuk ke tubuh anda. Kemasan yang sudah penyok atau sudah rusak, akan lebih beresiko terkena paparan sinar matahari atau udara bahkan air pun kemungkinan bisa masuk ke makanan anda. Dan itu sangat berdampak buruk terhadap makanan anda.

  1. Kemasan Makanan Harus Kedap Air

Ciri-ciri packaging kemasan makanan yang aman selanjutnya adalah kedap air. Apapun kemasan makanannya haruslah kedap akan air. Hal tersebut juga akan sangat menjaga ketahanan dari makanan itu sendiri (tidak cepat basi). Adanya air dari luar yang masuk ke dalam bisa menyebabkan makanan tersebut tidak hanya berair, namun juga menjadi beracun. Jadi pastikan sekali lagi bahwa selain kedap udara, kemasan haruslah kedap air.

Sumber : https://www.tab-packaging.co.id/