Macam – macam bahan Kertas Makanan – Kemasan memainkan peran yang cukup penting untuk melindungi barang dari berbagai kerusakan. Kertas merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kemasan. Setiap jenis kemasan memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda, tergantung jenis barang yang akan dikemas. Kemasan kertas untuk membungkus makanan dan baju tentu berbeda pastinya.

Macam – macam bahan Kertas Makanan

Penggunaan paper lunch box atau kemasan dengan material kertas saat ini sudah tidak diragukan lagi, banyak pengusaha kuliner yang menggunakan kemasan kertas ini karena mudah di daur ulang atau mencarinya yg cukup mudah. Selain itu kemasan kertas juga dikenal sebagai kemasan yang memiliki harga jual sangat terjangkau, maka tak salah jika pengusaha kuliner banyak yang menggunakan kemasan kertas.

Namun sekian seringnya Anda menggunakan kemasan kertas untuk membungkus makanan, apakah Anda sudah mengetahui macam – macam bahan kertas makanan itu sendiri?. Untuk  Anda yang masih belum mengetahui apa saja jenis kemasan kertas yang Anda, Anda dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

  1. Kertas Glasin

Kertas ini juga sering disebut kertas yang dapat menahan minyak. Dalam proses pembuatannya, kertas glasin melalui proses pengadukan pulp yang memakan waktu lama, sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam mesin pembuat kertas. Plastisizer juga ditambahkan dalam pembuatan kertas ini supaya bisa menambah kelembutan dan kelenturan kertas, sehingga mudah untuk pengemasan. Cirri-ciri kertas glasin antara lain, memiliki permukaan yang transparan, tahan terhadap lemak, oli, dan minyak. Namun packaging kemasan makanan dengan bahan ini tidak tahan terhadap air.

  1. Kertas Perkemen

Untuk packaging kemasan makanan dengan jenis yang satu Ini merupakan jenis kertas yang biasa digunakan untuk bahan makanan seperti daging, ikan, kopi, keju, hasil ternak, margarine, dan mentega. Kertas perkemen punya beberapa kelebihan diantaranya tahan terhadap lemak, memiliki kekuatan basah, permukaan bebas serat, serta nggak berbau dan berasa.

  1. Kertas Lilin

Sesuai dengan namanya, paper lunch box dengan bahan kertas lilin ini dibuat dari lilin parafin dan dicampur dengan petrolatum. Pada umumnya kertas lilin digunakan untuk mengemas tembakau, sabun, bisa juga untuk bahan pangan. Karakteristik kertas lilin yaitu tahan minyak, bisa menghambat air, dan memiliki daya rekat panas yang kuat.

  1. Kertas Ivory

Kertas ini paling banyak diminati oleh industry makanan untuk kemasan food grade paper lunch box produk yang mereka jual. Selain aman buat makanan, kertas ivory memiliki kesan eksklusif dan mewah. Dilihat dari fisiknya, kertas ivory memiliki dua sisi warna putih dengan tekstur berbeda, satu sisi halus dan satu sisinya lagi agak kesat seperti HVS. Kertas ivory adalah salah satu jenis kertas food grade yang artinya aman bagi makanan yang di konsumsi.  Nggak hanya itu, kertasnya yang bersifat kokoh dan tebal sangat cocok untuk kemasan makanan.

  1. Dupleks

Bahan kertas duplex mudah dibedakan / dibandingkan dengan jenis-jenis kertas lainnya. Tampak secara fisik, pada bagian depan berwarna putih, sementara bagian belakang berwarna abu-abu. Biasanya digunakan untuk bagian belakang block note. Bisa juga untuk makanan, sebagai kardus snack.

Mungkin itu penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk Anda, semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan  Anda lebih dalam lagi. Dapatkan berbagai penawaran mengenai packaging food grade hanya di Tab-packaging.

Sumber : https://www.tab-packaging.co.id/