Makanan yang Mampu Mencegah Vertigo – Apakah Anda akrab dengan vertigo? Vertigo adalah suatu kondisi yang membuatnya pusing seolah-olah sekelilingnya berputar. Penyakit ini juga bisa menimbulkan berbagai keluhan, mulai dari mual, muntah, hingga gangguan pendengaran.

Makanan yang Mampu Mencegah Vertigo

Saat menyerang penderitanya, sakit kepala vertigo bisa terjadi dalam hitungan menit atau jam. Seseorang yang menderita vertigo dapat mengalami vertigo dengan tingkat keparahan yang bervariasi. Hal yang harus diwaspadai, jika tingkat keparahan nya cukup parah, penyakit ini bahkan bisa membuat penderitanya terjatuh.

Nah, vertigo ini bisa dipicu oleh beberapa hal, salah satunya adalah makanan tertentu. Namun, ada juga makanan yang diduga dapat mencegah vertigo. Mau tahu makanan apa saja yang baik untuk penderita vertigo? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Makanan kaya vitamin D

Orang dengan vertigo disarankan untuk makan makanan yang kaya vitamin D. Menurut sebuah penelitian berjudul “Kekurangan vitamin D dan vertigo posisi paroksismal jinak,” kekurangan vitamin D dapat memperburuk gejala pada orang yang memiliki BPPV atau vertigo posisi paroksismal jinak, yang merupakan gangguan dari telinga bagian dalam. masuk. Nah, BPPV sendiri adalah penyebab paling umum dari vertigo yang kambuh.

Nah, asupan vitamin D bisa Anda dapatkan dari kuning telur, susu, jus jeruk, hingga ikan salmon. Salmon merupakan ikan yang banyak mengandung vitamin D, protein, dan kaya akan omega-3 yang bermanfaat bagi tubuh.

  1. Bayam

Bayam juga baik untuk penderita vertigo. Bayam banyak mengandung vitamin E yang berperan dalam menjaga elastisitas pembuluh darah.

Selain itu, vitamin E pada bayam juga dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga membantu meredakan pusing akibat vertigo.

  1. Makanan Kaya Vitamin B6

Menurut sebuah penelitian, vitamin B6 dapat secara efektif mengurangi gejala vertigo. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B6 melalui ikan tuna, salmon, daging sapi tanpa lemak, ubi jalar, kiwi, dan wortel.

Anda dapat membeli vitamin B6 atau suplemen untuk mencegah atau mengobati gejala vertigo menggunakan aplikasi Halodoc. Dengan begitu Anda tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis bukan?

  1. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba adalah tanaman herbal dari China. Tanaman herbal ini dapat memperlancar aliran darah ke otak, sehingga dapat mengurangi keluhan pusing, dan meningkatkan kemampuan menjaga keseimbangan.

Ginkgo biloba sekarang tersedia dalam bentuk suplemen. Menurut penelitian, tanaman herbal ini memiliki efek efektif yang sama dengan obat resep terkemuka untuk mengobati vertigo. Konsumsi 240 miligram ginkgo biloba setiap hari dapat mengurangi gejala vertigo, dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

  1. Teh Jahe

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science, asupan jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik daripada manuver Epley. Manuver Epley adalah serangkaian gerakan yang biasanya dilakukan oleh dokter untuk meredakan gejala BPPV.

Cara mengkonsumsi jahe untuk mencegah atau mengobati vertigo sangatlah mudah. Akar jahe dapat direndam dalam secangkir air mendidih selama 5 menit. Madu juga bisa ditambahkan untuk mengurangi rasa pahit. Mengkonsumsi teh jahe dua kali sehari dapat membantu mengatasi pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

  1. Almond

Almond kaya akan vitamin A, B, dan E. Makan segenggam almond setiap hari dapat membantu mencegah atau mengobati gejala vertigo. Kandungan nutrisi dalam almond dipercaya mampu memerangi penyebab vertigo.

Ingin tahu lebih banyak tentang makanan yang dapat mencegah dan mengobati vertigo? Atau punya keluhan kesehatan lainnya? Anda bisa menanyakan langsung ke dokter melalui aplikasi kesehatan. Tak perlu keluar rumah, Anda bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja untuk menanyakan seputar biaya medical check up. Praktis, bukan?