Manfaat dan Bahan Paper Bag Р Inovasi kemasan terus berlanjut. Ini untuk membuat kemasan yang bisa menggantikan kantong plastik. Apalagi di era saat ini yang masih gencar melakukan kampanye tentang krisis iklim, sehingga permintaan akan kemasan ramah lingkungan semakin meningkat.

Manfaat dan Bahan Paper Bag

Kemasan ramah lingkungan tidak hanya membantu mengurangi limbah, tetapi juga meningkatkan keberlanjutan perusahaan. Kemasan ramah lingkungan tidak hanya terbuat dari bahan biodegradable, tetapi juga memiliki desain yang cantik dan modern.

Salah satu kemasan yang saat ini banyak diminati adalah paper bag. Kemasan ini sebenarnya sudah lama beredar di pasaran. Namun, banyak pengusaha yang beralih menggunakan paper bag sebagai media pengemasan produk yang mereka tawarkan.

Apa itu paper bag?

Paper bag adalah paket kemasan berbentuk kantong yang terbuat dari kertas berkualitas sebagai bahan dasarnya. Tas ini pada awalnya populer sebagai kemasan produk berupa kado, cinderamata hingga barang elektronik. Namun seiring berjalannya waktu, banyak pengusaha lain yang beralih menggunakan tas ini.

Paper bag terbuat dari kertas berkualitas yang memiliki ketahanan yang baik dan baik. Jangan khawatir jika kertas yang digunakan sebagai bahan dasar tas ini mudah rusak dan tidak tahan lama. Pasalnya, kertas yang digunakan adalah kertas berkualitas dengan lapisan yang tebal.

Karena memiliki ketahanan yang baik, paper bag dapat digunakan sebagai kemasan pengganti kantong plastik. Selain desainnya yang cantik dan modern, tas ini juga bisa digunakan sebagai alat promosi sebuah brand. Ukuran yang berbeda memberi Anda banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan jenis produk yang Anda tawarkan.

Jenis Bahan Dasar Paper bag

Ada berbagai jenis kertas yang digunakan sebagai bahan dasar paper bag. Dari lapisan paling tebal hingga kertas dengan permukaan halus. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan produk Anda. Berikut adalah beberapa jenis bahan dasar yang digunakan sebagai bahan dasar paper bag.

  • kertas kraft

Jenis kertas ini merupakan bahan dasar yang paling sering digunakan sebagai bahan dasar paper bag. Kertas ini memiliki warna dasar coklat dengan permukaan yang relatif kasar. Lapisan kertas ini juga cenderung tebal sehingga bisa menahannya dengan leluasa di dalam tas. Bahan dasar coklat memastikan paper bag memiliki tampilan vintage namun modern.

  • Kertas Ivory

Jenis kertas ini memiliki ketebalan yang lebih baik daripada kertas kraft. Namun, permukaan kertas ivory lebih halus dari kertas kraft. Karena memiliki lapisan yang tebal, paper bag ivory memiliki bobot yang seringkali lebih berat dari paper bag kraft. Warna dasar kertas ivory adalah putih solid, yang membuatnya lebih mudah untuk dikustomisasi.

  • Art Paper

Art paper memiliki ketebalan yang relatif lebih tipis dibandingkan kertas ivory. Namun dari segi keawetan, kertas ini tetap memiliki kualitas yang baik dan bagus. Seperti kertas gading, permukaan kertas seni memiliki warna dasar putih. Permukaan dengan warna dasar putih memudahkan Anda saat ingin melakukan penyesuaian.

  • Paper Art Karton

Kertas ini memiliki ketebalan yang paling baik dibandingkan dengan kertas lainnya. Paper bag seni banyak digunakan sebagai kemasan untuk produk yang membutuhkan perlindungan yang baik, seperti elektronik.

Keuntungan paper bag untuk perusahaan

Semakin banyak merek yang beralih ke paper bag untuk kemasan produk. Apakah merek besar atau merek kecil, paper bag ini memiliki dampak positif pada bisnis mereka. Bagaimanapun, ada beberapa keuntungan menggunakan kemasan ini.

  • Mencetak paper bag semakin mudah

Tidak seperti beberapa dekade yang lalu di mana paper bag harus diproduksi, banyak komponen dan bahan yang dibutuhkan. Belum lagi harga untuk membuat dan memproduksi kemasan ini relatif mahal. Kini pembuatan dan pencetakan paper bag semakin mudah, sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

  • Sebagai media promosi dan branding

Desain yang menarik dan unik menjadikan paper bag salah satu kemasan yang digunakan sebagai alat promosi. Saat merek baru meluncurkan produk baru, paper bag biasa digunakan sebagai kemasan, sehingga banyak target pasar yang tertarik untuk membelinya.

Selain itu, paper bag juga sering digunakan sebagai alat branding sebuah brand. Kemasan ini dijadikan sebagai unique selling point (USP) yang ditawarkan suatu merek dibandingkan dengan merek lain.

  • Dapat disesuaikan

Salah satu alasan mengapa banyak paper bag dipilih adalah kemungkinan untuk mempersonalisasikannya. Anda dapat membuat desain Anda sendiri berdasarkan nada dan suara yang ingin disampaikan oleh merek Anda. Kustomisasi juga memungkinkan Anda untuk mendesain ulang sesuai dengan produk yang ingin Anda tawarkan.

  • Dapat digunakan sebagai paper bag makanan

Paper bag umumnya diproduksi sebagai kemasan produk. Namun pada prinsipnya, paper bag ini juga digunakan sebagai kemasan produk makanan. Umumnya produk makanan yang menggunakan paper bag berupa kue kering, brownies, kue bolu hingga kue jajanan tanpa minyak.

  • Harga Paper bag

Untuk harga satuan paper bag biasanya berkisar antara Rp 700 hingga Rp 5.000 tergantung kualitas dan cara pembuatan tas. Namun, sebagian besar perusahaan percetakan jarang menawarkan yang individual. Untuk membeli paper bag, biasanya Anda harus memesan dalam jumlah banyak.

Pesanan volume tinggi memudahkan printer memproduksi paper bag daripada unit. Selain itu, ada diskon untuk pesanan besar. Rata-rata, jumlah minimum untuk memesan paper bag dari perusahaan percetakan adalah 500 lembar.

Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang paper bag. Sebagai salah satu kemasan yang sedang berkembang, tas ini memiliki banyak manfaat yang tidak hanya menguntungkan bisnis Anda tetapi juga konsumen Anda.

Mungkin hanya ini saja informasi yang bisa kami sampaikan, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjugi website Tab Packaging selaku produsen kemasan makanan food grade. Di website resmi Tab Packaging ada banyak informasi mengenai kemasan produk dan bahan kemasan produk yang berkuaitas. Nah, jika ada yang ingin di sampaikan jangan ragu untuk chat admin melalui icon whatsapp yang ada di website ya.