Mengenal dan Cara Mengelola Bounce Rate – Setiap kali Anda masuk ke akun Google Analytics, Anda pasti akan melihat istilah tersebut. Jika Anda belum mengetahui apa itu bounce, di artikel ini kami akan menjelaskan nya untuk Anda.

Google Analytics adalah tool yang digunakan untuk menganalisis performa dari sebuah situs website. Di dalamya terdapat berbagai informasi menarik, seperti pageviews, unique pageviews, average time on page, entrances, dan juga bounce rate. Dengan data-data tersebut, para pemilik website dapat mengetahui dan memahami perilaku user sehingga dapat mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif di dalam website mereka.

Mengenal dan Cara Mengelola Bounce Rate

Bounce rate adalah persentase user yang meninggalkan situs halaman website tanpa berinteraksi atau melakukan tindakan lain seperti mengklik tautan, mengisi formulir, atau melakukan pembelian. Secara default, Google Analytics akan menganggap pengunjung telah melakukan interaksi dengan situs website Anda jika mereka telah mengunjungi setidaknya satu halaman tambahan.

Setelah mengenal dan cara mengelola bounce rate, Anda dapat menganalisis apakah rasio yang Anda peroleh tinggi atau rendah. Jika bounce rate yang diperoleh Anda tinggi, maka hal tersebut dapat menunjukkan Anda tiga hal :

1. Kualitas halaman website kurang baik sehingga pengunjung kurang tertarik untuk berinteraksi dengan konten yang lain.

2. Pengunjung website bukanlah target audiens Anda.

3. Pengunjung telah menemukan informasi yang mereka cari di website Anda.

Jika website Anda memiliki tujuan agar user dapat melihat semua konten di dalam website atau bahkan melakukan pembelian, maka bounce rate yang tinggi bisa menjadi pertanda yang kurang baik. Namun jika website Anda adalah single-page site seperti blog atau single-page site dengan isi konten yang lain, maka rasio bounce rate yang tinggi merupakan hal yang normal.

Cara menurunkan bounce rate yang tinggi

Setelah Anda mengetahui apa itu bounce rate, berikut kami sediakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan bounce rate yang tinggi.

1. Tingkatkan loading speed halaman website.

2. Sediakan konten yang menarik dan nyaman untuk dibaca.

3. Pastikan website menyediakan design dengan user experince yang baik.

4. Gunakan gambar berkualitas tinggi atau konten video untuk meningkatkan engagement dengan pengunjung web.

5. Sediakan konten untuk target audiens yang Anda inginkan. Anda bisa melakukan riset kata kunci agar konten dapat di jangkau oleh pengunjung web yang sesuai.

Dengan mengenal bounce rate dan cara mengelolanya pastinya ada diantara kalian yang masih bingung, namun saat ini sudah ada jasa pembuatan website yang siap membantu segala permasalahan Anda mengenai sebuah website salah satu jasa pembuatan website Jakarta adalah Nusantara Art Media Tech.

Nusantara Art Media Tech merupakan layanan jasa pembuatan website Jakarta yang berfokus pada pemasaran digital ONE STOP SERVICE SOLUTION atau yang kini biasa di sebut dengan Digital Agency, sekarang dunia pemasaran tidak hanya dalam bentuk pemasaran konvensional, tetapi perlu didukung oleh pemasaran digital.

Ada 1001 cara teknik pemasaran yang efektif dan efisien, termasuk pemasaran digital dengan media online, yang telah telah terbukti meningkatkan volume penjualan serta dapat menjangkau customer baru. 

Oleh karena itu, jasa pembuatan website Jakarta ini memberikan solusi pemasaran digital untuk perusahaan Anda yang dapat membantu mempromosikan brand atau layanan Anda dengan media digital, karena ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh berbagai perusahaan di era persaingan yang semakin global.

Demikian artikel ini kami buat, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian semua ya sobat.