Mengenal Pintu Aluminium Kaca –  Saat kita membangun sebuah rumah , pintu adalah akses keluar masuk bagi penghuni rumah. Pintu adalah komponen sangat penting dalam suatu ruangan atau bangunan .Pintu juga menjadi tempat pertukaran sirkulasi udara antar ruangan.  Pada saat ini banyak sekali variasi material yang digunakan untuk membuat sebuah pintu, seperti material aluminium .

Mengenal Pintu Aluminium Kaca

Sesuai dengan judul, saat ini kita akan membahas tentang informasi seputar pintu aluminium kaca. Banyak sekali material-material yang bisa digunakan untuk membuat sebuah pintu salah satunya adalah aluminium kaca. Pintu alumunium kaca memang bisa dibilang pasaran karena banyak ditemukan pintu aluminium kaca yang di desain serupa.

Aluminium memiliki dua sistem finishing yaitu, onodized dan powder coating. Pada saat ini lebih banyak bangunan yang menggunakan aluminium dengan finshing powder coating karena dapat menghasilkan hasil yang lebih sempurna dengan warna yang lebih bagus dan rata.

Tidak hanya bobotnya yang ringan, pintu aluminium kaca juga memiliki kemampuan untuk bertahan dalam waktu yang lama (Durabilitas) yang tinggi dengan proses pemasangan yang cukup sederhana.

Aluminium memiliki banyak kelebihan yaitu :

  1. Lebih tahan lama dan tidak mudah keropos.
  2. Tidak mungkin dimakan rayap.
  3. Tidak akan mengalami penyusutan serta perubahan bentuk karena efek cuaca.
  4. Lebih ringan dan kuat.
  5. Dapat di cat atau dilapisi dengan warna dan motif sesuai selera.
  6. Perawatan sangat mudah.
  7. Harga lebih murah .

Tidak hanya memiliki kelebihan, aluminium juga memiliki kelemahan, yaitu sebagai berikut:

  1. Pemasangan hanya mengandalkan sekrup yang dipasang melekat pada dinding sehingga pemasangan harus benar-benar presisi.
  2. Tidak semua konsep rumah cocok menggunakan aluminium kaca
  3. Terkadang saat pemasangan pintu aluminium kaca yang menyebabkan sudutan pada openingan menjadi rusak.
  4. Harus benar-benar sesuai dengan ukuran.
  5. Sambungan antara siku dapat menyebabkan air hujan masuk .
  6. Jika pemilihan aluminium yang terlalu tipis dan bermutu rendah akan mudah rusak.

Pintu aluminium kaca dapat di desain sesuai keinginan, bukan hanya sebagai kerangka dan daun pintu tetapi dapat  memperindah interior rumah, seperti pintu geser (sliding doors) yang dapat menghemat ruang dengan tampilan yang elegan dan siap menyempurnakan desain rumah yang berkonsep minimalis.

Ada pula pintu aluminium kaca dengan model lipat, jika anda ingin membuat pintu aluminium kaca dengan model lipat, anda harus memperhatikan area ruangan tersebut, karena pintu aluminium kaca dengan model lipat harus memiliki area yang luas dan pintu membutuhkan ruang yang luas  agar bisa dilipat dengan sempurna.

Tempat penyedia pintu dari aluminium kaca pada saat ini memang sudah banyak dan beragam. Banyak orang yang memilih menggunakan pintu yang terbuat dari aluminium kaca, hal tersebut disebabkan karena harganya yang lebih terjangkau dan kualitas aluminium kaca bisa anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Motif pintu aluminium kaca haruslah disesuaikan dengan selera dan karakter orang yang menempati rumah, pintu aluminium kaca mampu memberikan suasana yang nyaman dan indah yang dibutuhkan pemilik tempat tinggal.

Nah, jika anda sudah membaca sampai sini, apakah anda masih belum mengenal pintu aluminium kaca? Tentunya anda sudah mengetahui banyak informasi dari artikel ini ternyata banyak sekali jenis atau variasi yang bisa anda terapkan untuk membuat sebuah ruangan atau bangunan. Baik itu kelemahan maupun kelebihan dari aluminium yang dapat menjadi pertimbangan anda.