Obat Tipes di Apotik – Penyakit tipes atau tifus dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan demam tifoid. Tipes ini adalah penyakit yang terjadi akibat dari infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit tifus ini umumnya menyerang kelompok usia 5 tahun hingga 30 tahun. Keluhan ini umumnya berkaitan dengan faktor kebersihan, yang akan membuat penderitanya mengalami beberapa gejala yang sangat mengganggu. Maka tidak heran jika sebagian penderita merasa lebih nyaman jika dirawat di rumah sakit.

Obat Tipes di Apotik

Gejala dari penyakit ini cukup bervariasi. Pada umumnya, seseorang yang dicurigai menderita tifus mengalami gejala berupa demam tinggi hingga lebih dari 7 hari serta tidak mereda meskipun sudah minum obat penurun panas. Tapi apakah penyakit tifus harus dibawa ke rumah sakit?

Apakah Penyakit Tipes Harus Dirawat di Rumah Sakit?

Apakah penderita yang sudah terdiagnosa menderita penyakit tipes harus dirawat di rumah sakit? Tidak bisakah hanya dengan perawatan di rumah menggunakan obat tipes di apotik?

Menurut dr. Alvin Nursallm, Sp.PD dari klikdokter mengatakan bahwa tidak semua penderita atau pasien tipes harus dirawat di rumah sakit. Ada juga beberapa pasien yang dapat diobati dan sembuh hanya dengan rawat jalan dan tidak perlu menginap di rumah sakit. Hal ini karena tipes bukanlah kondisi yang terlalu parah, dokter akan melihat seberapa parah gejalanya, sehingga pengobatan di rumah tetap dapat dilakukan.

Beberapa kondisi yang mengharuskan pasien tipes harus dirawat di rumah sakit adalah, jika pasien mengalami :

  • Pasien mengalami demam lebih dari 39o C
  • Pasien mengalami mual muntah hingga mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh
  • Pasien berusia balita dan anak-anak
  • Pasien tidak dapat mengonsumsi makanan sama sekali, sehingga dapat berpotensi kekurangan gizi

Sehingga pada kasus ringan penderita tipes dapat mengobati dirinya dengan obat-obatan di rumah saja. Akan tetapi jika gejala yang dialami dianggap cukup berat dan terjadi pada usia anak-anak atau balita, maka penderita biasanya akan dianjurkan melakukan rawat inap di rumah sakit.

Apa Saja Obat Tipes di Apotik?

Berikut beberapa obat tipes yang umum dijual di apotik dan yang perlu Anda ketahui :

  1. Ciprofloxacin / Cipro
  2. Azithromycin / Zhithromax
  3. Ceftriaxone
  4. Chloramphenicol
  5. Amoxilin
  6. Levofloxacin

Nah itulah beberapa obat tipes di apotik yang umum dijual di apotik atau agen obat obatan farmasi. Anda bisa melakukan perawatan penyakit tipes hanya dengan di rumah saja. Tentunya istirahat yang cukup juga sangat perlu Anda lakukan dalam menjalankan perawatan penyakit tipes di rumah.

Demikian artikel mengenai obat tifus yang dijual di apotik. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk lebih mengetahui mengenai penyakit tipes.